Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 74
Pengunjung Bulan ini : 332
Total Pengunjung : 2501

PEMBENTUKAN PPID

Tanggal : 16 May 2017 17:58 Wib



Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan pentingnya keterbukaan informasi. Oleh karena itu, di tingkat desa dibentuk kelembagaan khusus yang menangani informasi dan dokumen yang disebut Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa.

Tugas pokok PPID antara lain:

  1. Mengkoordinasi dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi;
  2. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;
  3. Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu (di tingkat dusun) dan/atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan kerjanya;
  4. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat atau tidaknya diakses oleh publik; dan
  5. Membuat, mengumpulkan serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dikukuhkan melalui Keputusan Kepala Desa dengan Sekretaris Desa sebagai ketua dan dibantu oleh Kepala-Kepala Urusan, dengan susunan pengurus sebagai berikut:

NO

NAMA/JABATAN/INSTANSI

JABATAN DALAM TIM

1.

  HABIBUDDIN, S.Kom/Kepala Desa

Atasan PPID

2.

  JAYADI, A.Ma.Pd./Sekretaris Desa

Ketua PPID

3.

  RUSMAN HAKIM/Kaur Pemerintahan

Sekretaris PPID

4.

  HARMAYADI, A.Md./Kaur Umum

Bidang Pengelolaan Informasi

5.

  SATRIAHUDDIN, S.Pd. /Kaur Kesra

Pelaksana Kegiatan

/Pengelolaan Informasi

6.

  RUPLI, S.PdI. /Kaur Pembangunan

Bidang Pelayanan Informasi

7.

  NURIMAN, S.Pd./Kaur Keuangan

Pelaksana Kegiatan

/Pelayanan Informasi

Bertempat di Pendopo Kabupaten Lombok Timur, pada hari Rabu, 17 Mei 2017 Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan workshop/bimbingan teknis kepada seluruh Sekretaris Desa selaku Ketua PPID dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Dalam kesempatan itu ditegaskan fungsi dan tugas PPID sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman PPID Kabupaten Lombok Timur. Maka Pemerintah Desa yang merupakan Badan Publik diharuskan melaksanakan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi.

Dalam kata-kata sambutan pada pembukaan workshop tersebut, Bupati Lombok Timur Ali bin Dachlan menyampaikan bahwa informasi sangat penting dalam mendukung kebebasan dan sebagai salah satu dari transparansi. Lombok Timur merupakan syurga kebebasan, dan kebebasan itu akan tetap dijamin di daerah ini.

Selanjutnya dua materi pokok workshop kali ini disajikan oleh Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat yang pada pokoknya berisi pengertian dan ruang lingkup Keterbukaan Informasi Publik dan Standar Layanan Informasi Publik Desa. (Sekdes/2017)


Kegiatan Desa Lainnya

SAMBUTAN KEPALA DESA SUNTALANGU

Tanggal : 19 May 2017 07:09 Wib

Sambutan

MUSDES 2017 dan MUSRENBANGDES 2018

Tanggal : 13 May 2017 10:51 Wib

musdes, musrenbangdes,

PENYUSUNAN DOKUMEN PENGANGGARAN 2017-2018

Tanggal : 12 May 2017 19:22 Wib

APBDes, RKPDes, Musyawarah Dusun, Musyawarah Desa, Musrenbangdes

Wabup Hadiri Tasyakuran Petani Subak Baru

Tanggal : 10 May 2017 09:45 Wib

Wabup, Khairul Warisin, Subak Baru

BPNT Bukan Untuk Pulsa

Tanggal : 10 May 2017 09:26 Wib

BPNT, Raskin, Rastra

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.